Moment Saat Paskibraka Mencium Bendera Merah Putih

Saya menyuguhkan kopi Kintamani kepada para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2017 di Istana Negara, Selasa kemarin. Diracik barista-barista terlatih untuk para pengibar bendera yang baru saja saya kukuhkan, kopi Kintamani yang khas Bali ini mewakili merek-merek lokal kopi Indonesia.

Kita punya kopi dari barat sampai ke timur, dari Sabang sampai Merauke. Banyak sekali. Mulai dari kopi Gayo, Mandailing, Lampung, Jawa Barat, Kintamani, ada kopi paling timur di Wamena dan di daerah-daerah yang lain.

Dan anggota Paskibraka ini pun datang dari seluruh Indonesia. Sebanyak 68 pelajar SMA yang mewakili 34 provinsi — dua orang perwakilan setiap provinsi — akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017 di halaman Istana Merdeka.

Paskibraka menunjukkan keberagaman dan kemajemukan negara kita. Anggota Paskibraka ini bisa bergaul antarprovinsi yang berbeda suku dan agama. Betapa pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *