Ke Pulau Pangkil, Nurdin Dorong Produksi Ikan Bilis

Gubernur H Nurdin Basirun memahami betul potensi ikan bilis alias teri menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat. Apalagi, ikan dengan protein tinggi ini juga menjadi salah satu sumber makanan masyarakat Kepri. Karena itu, industri skala kecil atau rumahan di pulau-pulau akan terus didukung.

“Kalau hujan susah jemur. Jadi kita kasih bantuan alat open aje ye. Nanti biar diurus sama Dinas Kelautan dan Perikanan untuk pengadaan bantuan alat open nya,” kata Nurdin saat bertemu dengan nelayan yang mulai menjemur ikan teri di Pulau Pangkil, Kabupaten Bintan, Ahad (29/10).

Nurdin ke Pulau Pangkil sempena menggelar Safari Subuh di Masjid Aldulu Ihsan. Tampak Sekdaprov H TS Arif Fadillah hadir pada rangkaian Safari Subuh itu.

Usai Safari Subuh, Nurdin memang tampak mengelilingi Pulau Pangkil dan singgah di beberapa tempat. Salah satunya saat melihat salah seorang nelayan sedang menjemur ikan bilis. Dalam dialog singkat itulah, Nurdin memutuskan harus memberikan bantuan kepada nelayan, agar produksinya bisa stabil dan tidak terganggu cuaca.

“Mike (kalian) sehari dapat jemur berapa kilo waey (Bung, red). Kadar proteinnya sangat bagus ni untuk usia pertumbuhan anak, makanye budak budak pulau cerdas cerdas konsumsi ikan bilis ini,” kata Nurdin.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia baru menempati peringkat ketujuh dunia sebagai sumber penghasil ikan bilis. Sepertinya, Nurdin memahami hal itu dan ingin agar produksi ikan bilis terus meningkat, sebagai sumber ekonomi dan protein tinggi.

Saat kunjungan ke lapangan, Nurdin memang sering melakukan dialog langsung dengan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan utama dalam mendorong peningkatan ekonomi. Pada kesempatan itu, Nurdin juga meninjau pantai Busung.

“Di sini pantainya bagus, pasir nya putih, pemandangan juga elok. Tolong jaga lingkungannya dan jangan dijual sama orang luar ya pak kades, kalau dapat dikelola untuk dijadikan tempat wisata pantai” ungkap Nurdin.

Soal menjaga lingkungan, juga disampaikan Nurdin saat tausiah di Masjid Aldulu Ihsan. Nurdin mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan dan ekosistem laut di sekitarnya.

“Jaga kebersihan lingkungan sekitar kite, jaga laut kite jangan buang sampah sembarangan ke laut,” pesan Nurdin.

Selain di Masjid Aldulu Ihsan, Nurdin juga sempat melihat kondisi Masjid Muhajirin yang sedang dalam proses pembangunan. Nurdin ingin masjid-masjid di kampung-kampung bangunannya bagus sehingga nyaman untuk beribadah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *