Masyarakat Kepri Paling Bahagia Se-Sumatera

Masyarakat Kapulauan Riau paling bahagia di Sumatera. Terbukti berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017 lalu. Dimana tingkat kebahagiaan penduduk Kepri mencapai 73,11 persen.

Angka itu diatas tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia sebesar 70,69 persen. Masyarakat yang paling bahagia menurut survey adalah warga Maluku Utara dengan indeks 75, 68 persen. Disusul dengan Maluku dengan 73,77 persen. Peringkat tiga diraih Sulawesi Utara dengan indeks 73,69 persen.

Kepri berada di urutan ketujuh, berada tepat dibawah Provinsi Gorontalo dengan indeks 73, 19 persen. Tercatat penduduk Kepri lebih bahagia dari warga Yogyakarta dan Bali, yang masing-masing persentase tingkat kebahagiaannya 72,93 dan 72,48 persen.

Bahkan penduduk ibukota hanya berada di posisi 19 secara nasional, dengan indeks kebahagiaan 71,33 persen. Dari 10 provinsi yang ada di Sumatera, Kepri berada di peringkat pertama. Namun terdapat empat provinsi di Sumatera yang tingkat kebahagiaan penduduknya dibawah rata-rata nasional.

Yaitu Provinsi Bengkulu dengan indeks 70,61 persen. Jambi dengan indeks kebahagiaan 70,45 persen. Sedangkan Lampung tercatat berada di empat posisi terbawah dengan indeks 69,51 persen. Sedangkan Sumatera Utara berada di posisi 33 dengan indeks 68,41.

BPS mencatat kaum perempuan lebih bahagia dibanding laki-laki sebagai kepala rumah tangga. Sedangkan individu yang masing lajang, lebih bahagia dari yang telah berumahtangga maupun yang bercerai. Penduduk perkotaan juga lebih bahagia dari penduduk di pedesaan.

Satu tanggapan untuk “Masyarakat Kepri Paling Bahagia Se-Sumatera

  • Februari 5, 2018 pada 8:46 am
    Permalink

    Maju terus…sukses

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *