Pemprov Kepri Beri Izin Ekspor Bauksit

TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Energi Provinsi Kepri mengatakan bahwa saat ini pemerintah telahpun memberikan izin untuk kegiatan Ekspor tambang Khususnya bauksit di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Energi Provinsi Kepri Amjon di Tanjungpinang,Rabu (2/5).

“Saat ini sudah ada izinnya untuk melakukan kegiatan ekspor tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah PP nomor 1 tahun 2017,’ ungkap Amjon.

Namun, lanjut Amjon untuk perizinan kegiatan ekspor tambang khusus nya bauksit tersebut harus mengikuti aturanĀ  perundang-undangan yang ada.

Seperti dipertegas dengan keluarnya Peraturan Menteri Nomor 5 dan 6 yang menyatakan izin ekspor bauksit tersebut dikeluarkan asalkan ada komitmen perusahaan untuk membangun smelter dalam kurun waktu 5 tahun.

Namun jika belum memiliki smelter, perusahaan bauksit juga dapat melakukan ekspor bauksit namun dengan cara menjualnya ke perusahaan yang memiliki kuota ekspor.

Untuk perusahaan bauksit yang belum memiliki smelter diberikan izin untuk melakukan ekspor asalkan telah melalui washing bauksit ini sebanyak 42 persen.

“Yang mana salah satunya ekspor bauksit ini harus melalui perusahaan tambang yang telah memiliki IUP Aktif dan perusahaan tambang yang telah memiliki kuota ekspor,” ungkap Amjon.

Sehingga lanjut Amjon, untuk perusahaan tambang yang ingin melakukan ekspor tambang dapat melalui perusahaan yang telah memiliki kuota ekspor ini.

“Mereka dapat menjual nya kepada perusahaan yang telah memiliki izin IUP Aktif dan memiliki kuota untuk melakukan ekspor,” tegas Amjon.

Di provinsi Kepri sendiri, Amjon menuturkan terdapat dua perusahaan yang memiliki izin Kuota Ekspor di Kepri seperti Perusahaan Lobindo dan Perusahaan Gunung Bintan Abadi.

Satu tanggapan untuk “Pemprov Kepri Beri Izin Ekspor Bauksit

  • Juni 2, 2018 pada 12:58 pm
    Permalink

    Semoga Gubernur dan Wagub Kepri kembali di pekerjakan Pamhut BLH yg di berhentikan 15 orang sampai hari ini belum jelas ….sampai kapan…pembersih lantai..sopir saja bisa bertahan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *