Keterlibatan Perempuan Dalam Pemilu 2019 Meningkat

TANJUNGPINANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau menyatakan keterlibatan perempuan dalam Pemilu 2019 semakin meningkat, meski belum mencapai 50 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kepri, Misni, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan, jumlah perempuan yang didaftar sebagai bakal caleg pada Pemilu 2019 melebihi 30 persen. Kondisi ini menunjukkan  tingkat kesadaran perempuan dalam berpolitik semakin tinggi.

“Kami terus mendorong kaum hawa melangkah lebih maju dalam dunia politik,” katanya.

Misni mengemukakan, pihaknya berulang  kali dalam tahun ini menyelenggarakan dialog dengan pengurus parpol untuk mendorong kaum perempuan mengambil momentum pemilu. Perempuan memiliki kapasitas dan kesempatan yang sama untuk menjadi anggota legislatif.

“Kami berharap 50 persen mewarnai bakal caleg di setiap partai, setara dengan laki-laki. Namun kami menyadari itu sulit terwujud dalam waktu cepat,” katanya.

Misni mengatakan pemilu merupakan peluang bagi laki-laki maupun perempuan. Perempuan dapat memiliki keberanian dan kemampuan dalam berpolitik.

“Peluang perempuan menjadi anggota legislatif pada setiap periode meningkat. Pemilu 2014, cukup banyak perempuan yang duduk sebagai anggota legislatif di Kepri, meski belum setara dengan laki-laki,” katanya.

Menurut dia, langkah perempuan dalam meraih cita-cita sebagai anggota legislatif kerap terbentur dengan kodrat sebagai ibu rumah tangga. Perempuan harus pintar membagi waktu ketika terjun ke dunia politik, tetap harus menjadi ibu dari anak-anak, dan senantiasa melaksanakan lewajibannya sebagai istri.

“Banyak perempuan yang sukses berkarir dalam dunia politik, dan memiliki keluarga yang ideal dan harmonis,” ucapnya.

Pekan lalu, KPU Kepri menerima pendaftaran bakal caleg dari pengurus dari 16 partai peserta Pemilu 2019. Peserta pemilu tersebut mendaftarkan 581 politisi sebagai bakal caleg Kepri.

Komisioner KPU Kepri, Arison mengatakan bakal caleg yang didaftarkan tersebut terdiri dari laki-laki sebanyak 361 orang dan perempuan 220 orang.

“Kalau dilihat dari keterwakilan perempuan, sudah melebihi 30 persen. Jumlah bakal caleg dari kaum hawa sebanyak 37,86 persen, sisanya laki-laki,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *