Kreasi Terbaik dari yang Terbaik

Wakil Gubernur H. Isdianto melepas  32 orang peserta yang akan mewakili Kepri di ajang Temu  Karya Nasional (TKN) gelar Teknologi Tepat Guna  (TTG) ke XX dan pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan di Provinsi Bali. Pelepasan para peserta ini dilakukan pada saat apel pagi, Rabu (17/10) di halaman kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang.

Para peserta TTG Nasional yang mewakili Kepri ini merupakan para juara pada lomba TTG tingkat Provinsi Kepri yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu.

Adapun hasil inovasi TTG dari Kepri yang akan diikutsertakan pada ajang TTG Nasional XX di Bali diantaranya rumah kawin kepiting dan konservasi (RUMPAK) yang sudah masuk 6 besar nominator lomba TTG Nasional tahun 2018.

Selain itu ada inovasi Tak Bisa Nyala (Tabila). Inovasi ini merupakan untuk menjaga keselamatan pengendara, dimana mesin motor tidak akan bisa nyala jika si pengendara tidak memakai helm. Maka dari itu temuan ini dinamakan Tabila.

Temuan lainnya yang akan bersaing ditingkat nasional di Bali nanti adalah pemanfaatan belimbing wuluh dan produk sabun dari limbah sagu.

Wakil Gubernur Kepri H. Isdianto berharap para peserta TTG ini fokus mengawal semua hasil inovasi anak Kepri yang akan dilombakan di tingkat nasional ini. Isdianto yakin semua karya anak Kepri ini yang terbaik dari yang terbaik. Dan pasti akan menghasilkan preatasi yang terbaik pula.

“Setiap hasil inovasi yang kita usung ke tingkat nasional harus kita kawal terus. Si penemu harus bisa menjawab setiap pertanyaan terkait temuannya dengan detil. Karena kalau tidak bisa menjelaskan, nanti malah dikira menjiplak kesana-sini pula,” kata Isdianto.

Selain berharap bisa berprestasi di ajang TKN TTG XX di Bali. Isdianto juga berharap agar para peserta juga bisa menjadi duta wisata untuk Kepri. Tujuannya agar Kepri lebih dikenal di mata nasional, bahkan internasional.

“Ingat, saat ini kita sedang galak-galaknya mempromosikan pariwisata Kepri. Saya titip agar saudara-saudara manfaatkan momen ini untuk membuat Kepri lebih dikenal. Apalagi semua materi dibidang pariwisata kita miliki,” kata Isdianto.

Selain keempat inovasi TTG yang akan dilombakan ditingkat nasional di Bali diatas. Juga ada beberapa kreasi yang hanya akan dipamerkan berasal dari kabupaten dan kota se Kepri. Diantaranya inovasi cangkul praktis, pembuatan garam krosok, dispenser, E-saklar dan alat pemipil cengkeh.

Seperti yang dilaporkan oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepri Sardison, bahwa kegiatan TKN TTG Nasional ke  XX di Bali akan berlangsung mulai 18 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2018 di Kota Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *