Bela Negara Tak Hanya Mengandalkan Fisik dan Senjata

Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan ke-70 hari Bela Negara dan Hari Nusantara tingkat Provinsi Kepri rahun 2018 di halaman kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (19/12).

Dalam amanatnya, pada kesempatan ini Isdianto membacakan pidato tertulis Presiden RI Joko Widodo. Yang mana pada intinya bahwa dalam upaya Bela Negara tidak bisa hanya dilakukan dengan mengandalkan kekuatan fisik dan senjata. Namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.

“Bela Negara juga tidak hanya jadi tanggungjawab aparatur negara saja, tetapi juga harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara. Termasuk didalamnya unsur dunia usaha, dunia pendidikan, media hingga tokoh pemuda dan tokoh agama,” katanya.

Melalui momentum ini Wagub juga mengajak seluruh masyarakat untuk mensyukuri bersama, karena dengan ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, keberagaman agama dan kepercayaan bisa menyatu dalam wadah NKRI yang membentang luas melebihi seperdelapan khatulisriwa.

“Tidak ada negeri di dunia ini yang seberagam sekaligus sebersatu negeri kita ini. Maka ini patut kita syukuri,” ujar Isdianto.

Dalam rangka memperingati Hari Nusabtara. Isdianto membacakan pesan Mendagri Tjahyo Kumolo. Bahwasanya momentum peringatan Hari Nusantara 2018 ini merupakan perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan NKRI sebagai negara kepulauan.

Adapun secara geografis, Kepulauan Riau memiliki wilayah laut yang lebih luas dibanding wilayah lain di Indonesia.

“Oleh sebab itu, saya mengingatkan untuk kita semua agar lebih mencintai wilayah kita sebagai poros maritim. Gali segala potensi yang ada sehingga dengan begitu kesejahteraan masyarakat Kepri akan tetwujud secara berkesinambungan melalui sumberdaya kelautan,” ujar Isdianto.

Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara dan Hari Nusantara 2018 diikuti jajaran TNI, Polri, ASN Kepri, SAR, FKPPI, Mahasiswa, Pelajar, Pramuka, Tagana dan lainnya. Sedabgkan untuk paduan suaranya, diiringi oleh paduan suara Korpri Provinsi Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *