Di Kepri Ekonomi Lagi Lesuh ,Akibat Pandemi Global

Sungguh tak tau sampai kapan berakhir virus ini ,melanda dunia ,sudah hampir 2 juta yang wafat,di Indonesia hampir 24 ribu yang wafat ,yang positif hampir satu juta jiwa dari 265 juta pendiduk .

Hotel di buka untuk turis domestik ,diskon pun tak menutupi biaya operasional yang ada ,belum lagi biaya siluman yang tergerus .

Kepri ketergantungan dengan Singapura dan Malaysia ,karena kedekatan dengan jarak tempuh hanya 30 menit gunakan kapal laut .

Mestinya di buka FTZ menyeluruh di Kepri biar roda ekonomi berputar ,sebab berharap sama APBN,APBD belum cukup untuk kebutuhan Kepri .

Hanya ada 14 Triliun tahun 2021 ,di bagi tujuh kab kota se kepri di tambah vertikal daerah .

Sembako dari 35.000 per kg cabe rawit sekarang sudah 100.000 per kg ,mestinya dewan dan opd gerak ke berbagai pasar ,cari solusi nya.

Belum lagi banjir melanda kota tanjungpinang hal ini menambah penderitaan ,untung nya dewan golkar dan nasdem peka peduli dan di bantu donatur lainnya,bahkan Ketua demokrat Kepri Apri Sujadi bantu warga bintan ribuan paket sembako .

Kita lihat foto hut tanjungpinang tak ada gambar Ketua DPRD Weni harusnya ada ,sebab Forkopinda .

APBD Kota bahas ribut tak pernah selesai ,mungkin Rahma Walikota sebelum nya kader Hanura,PDIP,GOLKAR sekarang pindah ke Nasdem ,hal ini mungkin pemicu awal ,sebab Ketua DPRD Weni dari PDIP .

Belum lagi kekosongan Wakil Walikota dan asisten kosong sudah lima bulan ,satu hari tak boleh kosong harus di tunjuk plt ,begitu juga Wawako belum di pilih oleh dewan ,surat belum ada dari Walikota .

KPK RI Dan BPK RI segera turun ke kota agar cepat tuntas ,sebab Sekdako nya baru dari Provinsi ke kota ,belum bisa mengakomudir semua kepentingan ,apalagi 30 dewan ,watak nya beda beda dan beda juga parpol nya.

Gubernur Terpilih Ansar Ahmad SE MM belum di lantik insya allah bulan Febuari ini .Gubernur Kepri Isdianto hanya beberapa hari lagi menjabat .

Waktu terus berjalan ,ribuan anak sekolah hanya di rumah ,ini berdampak bagi kuliner dan bengkel ,dll .

Proposal juga masih mengandalkan lho lho lagi dan itu ke itu melulu yang di bantu ,puluhan milyar dana humas tak tau siapa saja yang menikmati kue tersebut .

Bank BUMN untung nya belum menagih utang warga ,karena Joko Widodo lagi subsidi ,bansos dan lainnya dibantu anggaran 110 Triliun ,tahun ini wajib habis .

Anggaran pendidikan Provinsi Kepri 1,3 triliun untuk bos ,guru ,penunjukan langsung dll .

Walikota Batam M Rudi agak sedikit lega sebab dua jabatan beliau BP Dan Wako .Namun industri dan taxi juga lesuh banyak di rumahkan dan phk .

Warga menunggu di rumah ,sampai kapan ini berlalu ,semoga proyek di pecah jadi 50 juta satu cv ,biar tumbuh ekonomi .

Jangan lagi tahun 2021 beli motor dan mobil plat merah ,tangguh kan dulu di saat warga mengeluh ekonomi dan kesehatan.

Pesta pernikahan juga masih wajib prokes ,hiburan dll wajib jaga jarak masker cuci tangan ,warga sudah jenuh lelah .

Vaksin segera di suntik kan itupun tetap wajib prokes ,namun agak lega ,sebab obat nya sudah stand by di RS .

Kondisi saat ini yang agak lancar ekonomi farmasi dan makan minum serta sembako ,mau tidak mau wajib oneline ,dor to dor .

Truk angkut sembako dari batam ke pulau bintan di perbanyak ,Bank Kepri segera di buka ,patungan tujuh kepala daerah ,pesawat beli untuk angkut antar pulau .

Jembatan batam ke bintan insya allah siap tiga tahun kedepan.Media cetak sudah banyak gulung tikar ,media oneline dan penjualan oneline yang tumbuh .

TV Kabel mungkin akan beralih semua ke TELKOM milik BUMN ,murah terjangkau ,akses luas .

Waduk sudah banyak di Kepri namun pompa harus beli yang canggih ,biar tekanan masuk ke perumahan .

Pipa di tengah jalan harus di ubah di pinggi jalan ,gagal perencanaan PDAM ,ketika itu .Aset pemkab dan pemko harus di perjelas ,aset Pemerintah Provinsi jangan ada pindah tangan ,mobil dan tanah sebelum ada keputusan ,45 mobil dewan sudah tak ada lagi parkir di gedung daerah .

Rumah dinas dewan segera di fungsikan ,rumah adat di singgarang jadi sarang hantu ,banyak gedung tidak di manfaatkan dengan baik .

Mubajir duit rakyat ,pelabuhan dompak,moco dan berakit segera di fungsikan .Ayo Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH MH ,Waka Raden ,Dewi ,Dahlan segera cari terobosan baru ,begitu juga Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Weni ,Waka Ade Angga dan Indra segera cari PAD ,untuk kemakmuran rakyat Kepri bersama OPD Dan Sekda .

Natuna ,Anambas bangun pabrik ikan dan wisata dunia ,buka akses penerbangan murah meriah ,mou dengan pengusaha dll.

Karimun buka akses 24 jam RO RO ke Riau dll,di Lingga buka RO RO Ke Dompak 24 jam ,dari Dompak ke Karimun buka 24 jam RO RO Pasti tumbuh ekonomi .

Ijin dll gratiskan dua tahun ,cepat tuntas ,sebab bank bumn tahun ini hampir 300 triliun akan di kucurkan kredit ,belum lagi APBN akan masuk ke Kepri .

Jangan ada lagi oknum dewan kapling kapling proyek ,jangan serakah tamak rakus ,sudah lebih dari cukul gaji dll 30 juta sebulan .

Waspada gejolak massal ,rakyat bila sudah mual akan berontak ,semoga bangun kepekaan kepedulian ,vertikal daerah wajib dukung KDH biar maju sejahtera ,kerja iklas tulus pasti di catat oleh ALLAH Dan 2024 pasti di pilih lagi oleh rakyat ?

KDH jangan ada lagi pencitraan melulu ,dengar lihat eksekusi ,sering dialog insya allah selamat dunia akhirat .

PENULIS PEMIMPIN REDAKSI KEPRIMAJU.COM.SYAHBAN SIREGAR SH .

One thought on “Di Kepri Ekonomi Lagi Lesuh ,Akibat Pandemi Global

  • Januari 8, 2021 pada 12:21 pm
    Permalink

    AJUDAN KDH CUKUP SATU ORANG TIDAK PERLU BANYAK ,DENGAR LIHAT EKSEKUSI

    UMKM ,PEDAGANG ,KULINER ,KREATIF DI MODALI DI AWASI DI BERIKAN EDUKASI

    PROYEK BESAR TUNDA DULU ,KALAU PUN ADA JOLOK APBN AGAR TDK TERGERUS.

    PROYEK KDH YG ATUR BUKAN JALAN SENDIRI SENDIRI OPD

    SEHINGGA ADA RASA KEADILAN DAN RASA KEBERSAMAAN

    SEREMONIAL KURANGI ,LEBIH BAIK HP 24 JAM KDH JAWAB LANGSUNG KELUHAN WARGA

    OPD DAN SEKDA HARUS MAMPU CIPTAKAN LAP KERJA BARU

    PENGUSAHA KEPRI DAN DI LUAR ,WARGA KEPRI BANYAK YG MAMPU ,SEPANJANG DI AJAK DIALOG CARI TEROBOSAN BARU ,BUAT CIPTA LAP KERJA

    TIKET DARAT LAUT UDARA DI SUBSIDI BIAR TUMBUH

    AKSES JALUR DARAT LAUT UDARA DI BUKA RUTE SELUAS NYA

    MENSOS AKAN BANGUN REHAB TEMPAT PENAMPUNGAN DAN RUMAH GRATIS BAGI WARGA MISKIN LEWAT DUIT APBN ,SEGERA JOLOK KE PUSAT.

    JANGAN BERPIKIR APA UNTUK SAYA ,BEKERJA IKLAS JUJUR CEPAT TUNTAS PASTI DOA RAKYAT TERKABULKAN .

    UNTUK APA DUIT BANYAK TAPI SETELAH PENSIUN SAKIT STREES STROUG SELESAI ,HABIS JUGA DUIT ITU ,PERCAYA YAKINLAH ALLAH TDK TIDUR PASTI DI CATAT .

    SEMUA TIM BERSATU ,TIDAK ADA LAGI 1,2,3 YG ADA RANGKUL BERSATU ,KEPRI MAJU.

    ANSAR -MARLIN MUNGKIN PARPOL YG GABUNG : GOLKAR.NASDEM.DEMOKRAT.PDIP.PAN.PPP.

    PENGUSAHA DIAJAK DIALOG DI GEDUNG DAERAH BAHAS SOLUSI KEDEPAN BANGUN INI DAN ITU .

    APBN.APBD.CSR DUIT RAKYAT TUMBUH ,PENGUSAHA BANGKIT ,RAKYAT SEJAHTERA .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *